Diberdayakan oleh Blogger.

animasi

Jumat, 08 Februari 2013

pengertian jurusan sistem informasi



S1 Reguler Program Studi Sistem Informasi

Pendahuluan

Teknologi Informasi senantiasa berkembang dengan pesat. Keberadaan Teknologi Informasi telah mentransformasi kehidupan manusia, misalnya dengan munculnya teknologi web, multimedia, mobile dan jaringan sosial. Perkembangan teknologi tersebut tentunya berpengaruh terhadap kegiatan bisnis, manajemen, pemerintahan, pendidikan, dan sebagainya.
Program Studi Sistem Informasi di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi pada tingkat sarjana (S1). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional, terutama terkait dengan pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi dalam suatu organisasi.
Dengan pengalamannya dalam bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi Fasilkom UI telah diakui kemampuan dan kualitasnya dalam memberikan pendidikan tingkat sarjana di bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi. Lulusannya diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga di bidang Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi.

Fokus Program

Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut, kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat unik karena menekankan keseimbangan antara kemampuan manajemen dan bisnis serta rekayasa informasi dan teknologi informasi. Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di bidang tersebut agar mereka mampu memberikan solusi yang optimal terkait dengan Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh organisasi.
Kuliah-kuliah dasar membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk merancang dan menulis program, terutama diarahkan untuk pengembangan Sistem Informasi dalam skala besar. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari komponen-komponen dari Sistem Informasi/Teknologi Informasi, mulai dari sistem operasi, jaringan komputer, basisdata, maupun aplikasi. Untuk mengasah pemahaman di bidang bisnis dan manajemen, mahasiswa mempelajari konsep-konsep manajemen serta berbagai proses bisnis penunjang kegiatan organisasi dan dukungan yang bisa diberikan oleh Teknologi Informasi.
Selain mata kuliah dasar, Program Studi Sistem Informasi juga menawarkan mata kuliah peminatan yang dikelompokkan ke dalam dua bidang minat berikut, yaitu:

  • Bidang minat Teknologi Informasi, yang mengarahkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam menginstalasi, mengkonfigurasi, dan mengelola teknologi informasi, misalnya pengelolaan sistem server, pengelolaan basisdata, pengelolaan infrastruktur, pengelolaan layanan teknologi informasi, audit sistem informasi, dan sebagainya.
  • Bidang minat Sistem Enterprise, yang mengarahkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam mengelola sistem informasi dan teknologi informasi dalam skala enterprise, misalnya pengelolaan pengetahuan, integrasi aplikasi, e-commerce, business intelligence, dan sebagainya.
mic
Microsoft Innovation Center
Selain bidang-bidang minat tersebut di atas, mahasiswa juga diberikan keleluasaan untuk mengambil beberapa mata kuliah yang diselenggarakan di luar Program Studi Sistem Informasi, baik di dalam maupun di luar Fakultas Ilmu Komputer UI.
Di samping itu, di dalam proses belajar-mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan innovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu di dalam kurikulum Program Studi Sistem Informasi dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri atau bisnis, dan lain-lain.

Ditulis Oleh : Ahmad Jamaldin Khair // 17.38
Kategori:

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About